headerphoto

VISI-MISI-SASARAN-TUJUAN

Visi :

      Menjadi Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Unggul Dalam Penyelenggaraan Administrasi Publik

Misi :

  1. Meningkatkan kemapuan peserta didik yang dapat melakukan pendekatan ilmiah serta mampu memecahkan masalah-masalah dalam bidang pembangunan masyarakat.
  2. Mempersiapkan peserta didik yang mampu menduduki, mengkoordinasi dan melaksanakan tugas-tugas dalam jabatan sesuai dengan bidangnya.
  3. Mempersiapkan peserta didik yang mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian untuk pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi
  4. Sasaran

     

    Sejalan dengan misi program studi yang telah diuraikan diatas, maka berikut dijelaskan sasaran dari Program  Ilmu Administrasi Negara Fisip Pascasarjana Universitas Mulawarman adalah:

    1. Menguasai    berbagai    teori, konsep    dan   metodologi penelitian dalam  ilmu  sosial   yang   relevan   dengan   Ilmu Administrasi Negara,  sehingga  mampu  mengembangkannya melalui    proses perencanaan,    pelaksanaan   dan   analisis sehingga  dapat menyiapkan   diri untuk  menempuh   jenjang pendidikan doktor (S3).
    2. Mempunyai kemampuan analitik untuk mengembangkan kompetisi profesionalnya dalam suatu organisasi profesi.

     

    Tujuan

    Tujuan penyelenggaraan pendidikan Program  Ilmu Administrasi Negara Fisip Pascasarjana Universitas Mulawarman  secara umum adalah memberikan wawasan teori, sikap dan kemampuan mengembangkan pengetahuan  melalui berbagai kegiatan ilmiah kepada para lulusan Sarjana (S1) bidang Ilmu Administrasi Negara, yang telah bekerja (praktisi) maupun yang belum. Sehingga secara umum mereka mampu mengembangkan keilmuan dan penelitian bidang administrasi yang terkini. Sejalan dengan visi dan misi-nya, serta kekuatan yang dimiliki dan peluang yang dihadapinya, maka Program Ilmu Administrasi Negara Fisip Pascasarjana Universitas Mulawarman menetapkan beberapa tujuan khusus, yaitu:

    1. Menciptakan suasana belajar mengajar yang interaktif antara pengajar (dosen) dengan mahasiswa, sehingga terbentuk budaya akademik yang menggambarkan kebebasan akademik, kebebasan berfikir dan berkarya.
    2. Membentuk civitas akademika yang terampil merumuskan permasalahan dalam bidang Ilmu Administrasi Negara serta berkesanggupan untuk meneliti, menganalisis dan memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan bidang keilmuannya.
    3. Meningkatkan sumbangan akademisi terhadap pengembangan Ilmu Administrasi Negara.
    4. Menciptakan  lulusan yang memenuhi kualifikasi sebagai berikut:
    • Mempunyai ilmu pengetahuan dan kemampuan yang cukup untuk digunakan sebagai bekal melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi (Doktor/S3) atau sebagai birokrat.
    • Memiliki semangat ilmiah yang tinggi, kepribadian yang mandiri dan mampu mengembangan keilmuannya (Ilmu Administrasi Negara).

    Tujuan khusus di atas merupakan penjabaran dari misi program studi yang telah ditetapkan. Misi pertama untuk mengelola program secara profesional telah diuraikan menjadi tujuan khusus pertama dan kedua. Kemudian misi kedua yang menyangkut Tri Darma Perguruan Tinggi, telah diuraikan pada tujuan khusus ketiga, dan keempat yang mengandung unsur Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Selanjutnya misi ketiga tentang kualitas lulusan yang diharapkan telah diuraikan menjadi tujuan khusus. Sejalan dengan tujuan khusus Program Program Ilmu Administrasi Negara Fisip Pascasarjana Universitas Mulawarman yang telah diuraikan diatas, maka berikut diuraikan indikator pencapaiannya:

    1. Tersedianya tenaga dosen yang memiliki keahlian ilmu  pada bidang  Ilmu Administrasi Negara. Tersedianya fasilitas perkuliahan yang modern, buku dan jurnal penelitian yang mutakhir, serta fasilitas komunikasi berupa internet yang mendukung untuk kajian pengembangan keilmuan.
    2. Terwujudnya kemampuan civitas akademika yang mandiri (independent), memiliki otonomi dan mampu mengarahkan dirinya (self-directed) untuk meneliti, menganalisis dan memecahkan masalah-masalah yang telah dirumuskannya.
    3. Terjalinnya hubungan antara dosen dan mahasiswa yang mampu berinteraksi secara berkelanjutan, berhasil guna dan menguntungkan keduanya (mutual expectation).
    4. Adanya kerjasama dengan masyarakat dan pemerintah untuk bersamasama mampu memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan masalah Administrasi Negara.
    5. Bagi mereka yang melanjutkan studi di Program Doktor di bidang  Ilmu Administrasi Negara, mereka tidak memperoleh kesulitan untuk mampu menyelesaikan studi S3 dengan sebaik - baiknya.

     

    Sejauh ini telah ada upaya-upaya untuk mewujudkan misi dan tujuan Program Ilmu Administrasi Negara Fisip Pascasarjana Universitas Mulawarman, antara lain:

    1. Menyediakan fasilitas ruang kuliah yang menunjang suasana pendidikan yang kondusif, dan dengan melengkapi perabot serta alat bantu/media pendidikan modern.
    2. Menyediakan buku-buku dan jurnal yang mutakhir, serta layanan fasilitas internet bagi dosen dan mahasiswanya.
    3. Melakukan evaluasi penyelenggaraan pendidikan secara rutin dan terstruktur terhadap kinerja dosen dan aktivitas mahasiswa.
    4. Memberikan kebebasan akademik kepada mahasiswa untuk menentukan topik penelitian tugas akhirnya (tesis).
    5. Pembaharuan Buku Pedoman Akademik Program Pascasarjana Universitas Mulawarman yang sangat membantu/memperlancar penyelesaian studi mahasiswa.

 

 

Login


Username
Password

Register
Forgot Password

Statistik Situs

Visitors :29042 Org
Hits : 92584 hits
Month : 1205 Users
Today : 77 Users
Online : 2 Users

Arsip

LINK UNMUL