headerphoto

FakultasIlmu Sosial dan Politik

Sabtu, 26 November 2011 11:25:56 - oleh : chuphy

FakultasIlmu Sosial dan Politik

 

 

 Daftar Isi

 

 

 

A.  Pedoman Akademik - 1

Sejarah - 1

Tujuan Pendidikan - 2

Pengelola - 2

Ketentuan Umum - 3

Program Akademik - 4

Deskripsi Mata Kuliah - 16

B.  Tim Penyusun Buku Pedoman Akademik- 21

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A.  Pedoman Akademik

 

Sejarah

 

Program Pascasarjana Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman dirintis sejak tahun 1999, diawali dengan kerjasama antara Universitas Mulawarman dengan Universitas Brawijaya untuk menyelenggarakan program kegiatan pembelajaran bersama.  Program ini bertujuan untuk membantu Universitas Mulawarman dalam merencanakan dan melaksanakan pendidikan Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara secara mandiri.

 

Berdasarkan naskah kerjasama antara Universitas Brawijaya dengan Universitas Mulawarman Nomor : 3605/J10/LL/1999 - Nomor : 6655/J17/LL/1999 membuka pendidikan Pascasarjana (S2) untuk Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara dengan koordinasi Dekan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dan Program Pascasarjana Universitas Brawijaya (PPSUB).

 

Kegiatan pendaftaran mahasiswa Program Pascasarjana mulai dilakukan di Universitas Mulawarman pada Tahun Akademik 2000/2001 dengan membuka dua minat yaitu Administrasi Pemerintahan Daerah dan Administrasi Pembangunan.  Pada saat itu terdaftar mahasiswa sejumlah 181 orang, yang berasal dari daerah Samarinda, Bulungan, Pasir, dan Balikpapan.

 

Sesuai dengan perkembangan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki Universitas Mulawarman dan permintaan pihak-pihak yang sangat membutuhkan, maka pada Tahun Akademik 2001/2002 dibuka pendaftaran mahasiswa baru dengan lingkup wilayah yang lebih luas hingga Tarakan dengan jumlah mahasiswa baru sebanyak 198 orang.

 

Pada Tahun Akademik 2002/2003 Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman-Universitas Brawijaya menjaring sebanyak 243 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Timur.

 

Proses pembelajaran diselenggarakan melalui kerjasama sinergis dan sharing sumber daya antara Universitas Mulawarman dan Universitas Brawijaya, demikian juga kegiatan belajar sebagian diselenggarakan di Kampus Universitas Mulawarman dan sebagian di Kampus Universitas Brawijaya.

 

Program studi ini mulai menghasilkan lulusan Magister Ilmu Administrasi Negara pada bulan Juni 2002.  Hingga akhir Mei tahun 2003 Program Studi Pascasarjana Ilmu Administrasi Negara Universitas Mulawarman-Universitas Brawijaya telah meluluskan sebanyak 360 orang dengan rata-rata IPK = 3,45 dan rata-rata lama studi satu tahun sembilan bulan.

 

Berbagai kendala dihadapi dalam pengelolaan program studi dan penyelenggaraan proses pembelajaran. Dalam perjalanannya semua kendala tersebut dicoba diminimalisasi dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang tersedia, dalam rambu-rambu kendali mutu yang berlaku di Universitas Brawijaya dan Universitas Mulawarman.

Selama perjalanan kerjasama antara Universitas Brawijaya dan Universitas Mulawarman dalam penyelenggaraan Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara selama ± 3 tahun, maka pada tahun 2003 Universitas Mulawarman mengajukan proposal kemandirian Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara kepada Dirjen Dikti Depdiknas.  Akhirnya pada tanggal 9 Juli 2003 proposal kemandirian tersebut disetujui oleh Dirjen Dikti Depdiknas dengan SK Nomor 1426/D/T/2003 perihal Ijin Penyelenggaraan Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara (S2). Selanjutnya Tahun 2009 mendapat akreditasi B berdasarkan SK Dikti No.1271D/T/K-N/2009.

 

Berdasarkan SK Dirjen Dikti tersebut, maka sejak Tahun Akademik 2003/2004 Program Pascasarjana Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara Universitas Mulawarman telah menerima mahasiswa baru sebanyak 29 orang dengan konsentrasi Kebijakan Publik dan 82 orang dengan konsentrasi Administrasi Pemerintahan Daerah.  Kemudian untuk Tahun Akademik 2004/2005 jumlah mahasiswa yang diterima yaitu sebanyak 62 orang dengan konsentrasi Administrasi Pemerintahan Daerah dan 78 orang dengan konsentrasi Manajemen Pemerintahan Daerah.  

 

Tujuan Pendidikan

 

Tujuan pendidikan Program Pascasarjana Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman sejalan dengan tujuan pendidikan nasional sebagaimana dikemukakan dalam Kepmendiknas 232/U/2000 yaitu Program Magister bertujuan untuk  menghasilkan magister yang  mampu :

a)    Mengembangkan dan memutakhirkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian dengan cara menguasai dan memahami pendekatan, metode, kaidah ilmiah disertai keterampilan penerapannya.

b)    Memecahkan permasalahan di bidang keahliannya melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah.

c)    Mengembangkan kinerja profesionalnya yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis permasalahan, keserbacukupan tinjauan, kepaduan pemecahan masalah atau profesi serupa.

 

 

Pengelola dan Struktur Organisasi

 

Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Pascasarjana Universitas Mulawarman dipimpin oleh Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi yang membidangi Bagian Akademik dan Bagian Administrasi Umum dan Keuangan, yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor melalui Dekan, dengan susunan Personalianya sebagai berikut :

 

 

Penanggung Jawab                                   : Rektor   

                                                              § Pembantu Rektor I

                                                              § Pembantu Rektor II

                                                              § Pembantu Rektor III

Penanggung Jawab Teknis          : Dekan Fisipol

                                                              § Pembantu Dekan I   

                                                              § Pembantu Dekan II

 § Pembantu Dekan III

Ketua Program Studi                           : Dr. Drs. DB. Paranoan, M.Si

Sekretaris                                          : Drs. H. Achmad Djumlani, M.Si

Bendahara PUMK                                : Bambang Irawan, S.Sos, M.Si

 

Selanjutnya digambarkan struktur organisasi dari Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, sebagai berikut:

 

 

 



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Struktur Organisasi Program MIAN Fisip Unmul

 

 

 

 

Tugas Pokok dan Fungsi

 

Ketentuan Umum

 

Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru

Penerimaan mahasiswa baru di Program Magister Ilmu Administrasi Negara Universitas Mulawarman mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut :

1.    Memenuhi persyaratan akademik;

2.    Kelengkapan persyaratan administrasi yang ditentukan;

3.    Kapasistas daya tampung per Program Studi.

 

Persyaratan Akademik

1)  Calon mahasiswa baru harus memiliki Ijasah Kesarjanaan yang sebidang dengan Program Studi yang dipilih pada Program Pascasarjana Universitas Mulawarman, memiliki Indeks Prestasi Kumulatif ³ 2,75 (pada skala 0-4) atau ³ 6,25 (pada skala 0-10).  Memiliki Sertifikat TPA OTO Bappenas, dan bagi calon mahasiswa yang tidak memiliki Sertifikat TPA OTO Bappenas diwajibkan untuk mengikuti Ujian TPA yang dilaksanakan sebelum perkuliahan Program Alih Tahun (PAT);

2)  Calon Mahasiswa dengan Ijasah Kesarjanaannya tidak sebidang dengan Program Studi yang dipilih atau memiliki IPK kurang dari persyaratan di atas, harus mengikuti Program Matrikulasi (digabung dengan Perkuliahan Alih Tahun) dan harus lulus dengan nilai minimum 2,75.

 

Prosedur Pendaftaran

Calon mahasiswa mengajukan lamaran tertulis dan mengisi formulir yang telah disediakan, ditujukan kepada :

 

Ketua Program Studi

Magister Ilmu Administrasi Negara

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Pascasarjana Universitas Mulawarman

Jl. Muara Muntai Kampus Gunung Kelua Samarinda 75114

Telp. 0541-746503, 743820  Fax. 0541-746503, 743820

 

Permohonan dilampiri masing-masing rangkap 2 (dua), meliputi :

a)      Formulir pendaftaran yang telah disediakan;

b)      Salinan ijasah yang telah disahkan;

c)      Salinan daftar nilai selama di Perguruan Tinggi yang telah disahkan; bagi yang dari PTS harus menyerahkan nilai ujian Negara;

d)      Karya Ilmiah setelah lulus kesarjanaannya (bilamana ada);

e)      Surat keterangan kesehatan/termasuk kesehatan paru-paru;

f)       Surat tugas/ijin dari atasan (jika pelamar telah bekerja) bahwa yang bersangkutan dibebaskan dari tugas-tugas instansi;

g)      Pas foto terbaru berwarna ukuran :

§    2 x 3 sebanyak 4 lembar

§    3 x 4 sebanyak 4 lembar

§    4 x 6 sebanyak 4 lembar

h)     Foto copy sertifikat TPA OTO Bappenas;

i)        Foto copy sertifikat TOEFL/setara TOEFL.

 

 

Waktu pendaftaran

Pendaftaran dimulai pada awal bulan Februari sampai dengan akhir bulan Juni.

 

Seleksi pelamar/kriteria penerimaan

Seleksi pelamar dilaksanakan oleh tim yang terdiri dari Ketua Program Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman sebagai Ketua, dan Sekretaris sebagai anggota;

Seleksi pelamar dilakukan paling lambat pada minggu ketiga bulan Mei dan keputusan penerimaan mahasiswa diputuskan oleh Rektor atas usul Ketua Program Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman melalui Dekan.  Penerimaan dan penolakan menjadi mahasiswa akan diberitahukan secara tertulis oleh Ketua Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman.

 

Program Alih Tahun (PAT)

Program Alih Tahun (PAT) diberikan kepada calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus seleksi yang diadakan pada bulan Juli dan Agustus setiap tahun akademik.  Tujuan pelaksanaan Program Alih Tahun (PAT) adalah untuk memberikan penyegaran dan penyamaan persepsi tentang ilmu administrasi negara khususnya kepada calon mahasiswa yang memiliki ijazah kesarjanaan tidak sebidang dengan ilmu administrasi negara.  Adapun mata kuliah yang diberikan dalam Program Alih Tahun (PAT), yaitu :

a)    Statistik Sosial

b)    Pengantar Ilmu Administrasi Negara

c)    Organisasi dan Manajemen

d)    Bahasa Inggris / TOEFL

 

Bagi mereka yang dinyatakan lulus dalam mengikuti Program Alih Tahun (PAT) akan diberikan sertifikat PAT, untuk selanjutnya mengikuti perkuliahan yang dilaksanakan pada bulan September sampai dengan Desember.

 

 

Program Akademik

 

Mahasiswa dan Pendaftaran Mahasiswa

Mahasiswa Program Magister Ilmu Administrasi Negara Universitas Mulawarman adalah mereka yang terdaftar menjadi mahasiswa pada semester yang sedang berjalan. Mahasiswa diwajibkan mendaftar ulang setiap semester sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dan bagi yang tidak mendaftar ulang atau her registrasi selama 3 (tiga) kali berturut-turut, maka mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan sebagai mahasiswa yang tidak aktif. Pendaftaran mahasiswa dilakukan di Bagian Akademik Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman.

 

Mahasiswa yang melaksanakan pendaftaran, bagi mahasiswa baru harus datang sendiri, untuk :

1)    Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.

2)    Menunjukkan bukti pembayaran uang pendaftaran.

3)    Menyerahkan pas foto berwarna terbaru ukuran :

a)     2 x 3 sebanyak 4 lembar

b)    3 x 4 sebanyak 4 lembar

c)     4 x 6 sebanyak 4 lembar

4)    Memenuhi persyaratan lain yang telah ditetapkan oleh Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman.

Bagi mahasiswa lama harus menyertakan copy Kartu Hasil Studi (KHS).

 

Tenaga Akademik

Tenaga akademik adalah tenaga dosen dengan jabatan akademik sekurang-kurangnya Lektor untuk lulusan S-2 dan lulusan S-3.  Tenaga akademik di luar ketentuan tersebut ditetapkan oleh Ketua Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman dengan mempertimbangkan kondisi obyektif.

 

Komisi Pembimbing

Komisi Pembimbing adalah tenaga akademik yang bertanggung jawab membimbing mahasiswa dalam proses penyusunan tesis, dengan kriteria sebagai berikut :

a)    Berpredikat guru besar, doktor, dan magister;

b)    Dianggap cakap dalam bidang ilmu yang diambil sebagai pokok tesis.

c)    Bersedia bertindak sebagai pembimbing mahasiswa yang bersangkutan, dengan tugas dan tanggung jawab sebagaimana yang tercantum dalam uraian tugas komisi pembimbing;

d)    Pembimbing I minimal menduduki jabatan fungsional Lektor bagi yang berpendidikan S2, dan Asisten Ahli bagi yang berpendidikan S3.

 

Setiap mahasiswa dibimbing oleh dua tenaga akademik, salah satu diantaranya berstatus sebagai Ketua Komisi Pembimbing (tenaga akademik tetap pada Universitas Mulawarman) dan yang lainnya disebut Anggota Komisi Pembimbing.

 

Komisi Pembimbing ditetapkan melalui Surat Keputusan Ketua Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman.

 

Tugas Komisi Pembimbing

Tugas dari Komisi Pembimbing adalah sebagai berikut :

a)    Mengarahkan mahasiswa dalam penetapan pokok tesis;

b)    Membimbing mahasiswa dalam penyusunan proposal penelitian untuk penyusunan tesis;

c)    Mempertimbangkan saran penyempurnaan proposal penelitian berdasarkan hasil seminar proposal penelitian;

d)    Membimbing dan mengawasi pelaksanaan penelitian untuk penyusunan tesis;

e)    Membimbing mahasiswa dalam menyusun naskah tesis;

f)     Bertindak sebagai anggota panitia seminar proposal penelitian, seminar hasil penelitian, dan ujian tesis.

 

 

Perubahan Komisi Pembimbing

Apabila oleh karena sesuatu hal dipandang perlu penggantian personalia komisi pembimbing, maka penggantian tersebut harus dengan persetujuan dan keputusan Ketua Program, melalui pertimbangan :

1)    Setelah minimal 2 (dua) bulan proses pembimbingan (konsultasi) baik dengan Pembimbing I ataupun Pembimbing II dan atau keduanya tidak ada perkembangan/kemajuan untuk dapat diseminarkan.

2)    Mahasiswa mengajukan permohonan penggantian pembimbing secara tertulis kepada Ketua Program Magsiter Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman dilengkapi dengan alasan sebagai dasar pertimbangan perubahan Komisi Pembimbing.

 

Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester

Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan dengan Sistem Kredit Semester dalam bentuk perkuliahan.  Nilai satu Satuan Kredit Semester (SKS) terdiri dari kegiatan-kegiatan per minggunya yaitu tatap muka 50 menit, kegiatan terstruktur 60 menit dan kegiatan mandiri 60 menit.

 

Pertemuan kelas sekurang-kurangnya 80 % kehadiran dosen dan mahasiswa.  Apabila kehadiran mahasiswa kurang dari 80 % dari jumlah pertemuan kelas, maka dosen dapat memberikan tugas tambahan mata kuliah yang bersangkutan.  Mahasiswa yang kehadirannya kurang dari 80 % pertemuan kelas tidak diperkenankan mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) kecuali telah mendapat tugas tambahan dari dosen yang bersangkutan.

Ujian susulan hanya dapat diberikan jika ada surat pengantar dari pengelola Program Magister Ilmu Administrasi Negara Universitas Mulawarman.

 

Nilai mata kuliah dari dosen yang mata kuliahnya diujikan harus masuk ke Bagian Akademik Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman paling lambat 2 minggu setelah berkas ujian diserahkan kepada dosen yang bersangkutan.  Bagi dosen yang terlambat menyerahkan nilai sesuai dengan batas waktunya, maka pengelola Program Magister Ilmu Administrasi Negara berhak memberikan nilai 75 (B+) kepada mahasiswa yang mengikuti ujian.

 

Ketentuan Beban Studi

Jumlah SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk menyelesaikan Program Magister Ilmu Administrasi Negara adalah 39 - 42 SKS.

 

 

Beban Studi Mahasiswa

Beban studi mahasiswa adalah kegiatan wajib mahasiswa yang terdiri dari perkuliahan, tugas-tugas, seminar dan tesis yang dibatasi dengan jumlah SKS tertentu per semester.

 

Jumlah SKS Per Semester

a.    Jumlah SKS yang diambil pada semester pertama didasarkan atas IP terbaik dari S-1 atau perkuliahan Program Alih Tahun (PAT) yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara Universitas Mulawarman, yaitu:

 

IP  :         ³  3,0                                       :           15 sks

IP  :         ³  2,75    -           <      30        :           12 sks

IP  :         <  2,75                                    :             9 sks

 

b.    Jumlah SKS untuk semester pertama yang diperbolehkan bagi mahasiswa baru yang tidak mengikuti PAT yaitu 12 sks untuk IPK ³ 3,0 dan 9 sks untuk IPK ³ 2,75 - < 3,0.

 

c.    Jumlah SKS yang boleh diambil oleh mahasiswa pada semester kedua dan seterusnya didasarkan pada IPK yang diperoleh pada semester sebelumnya, dengan ketentuan :

 

IP  :         ³  3,0                                       :           15 sks

IP  :         ³  2,75    -           <      30        :           12 sks

IP  :         <  2,75                                    :             9 sks

 

 

Evaluasi Keberhasilan Studi

Cara Penilaian :

Untuk menilai prestasi mahasiswa dalam kegiatan akademik digunakan ketentuan sebagai berikut :

 

Penilaian hasil ujian suatu mata kuliah diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing dosen dengan sistem penilaian sebagai berikut :

 

§    A         =    ³    80,00        -           100,00

§    B+       =    ³    75,00        -           79,99

§    B         =    ³    70,00        -           74,99

§    C         =    ³    60,00        -           69,99

§    D         =    ³    50,00        -           59,99

§    E         =    <    50,00

 

Nilai akhir bagi mata kuliah yang diampuh oleh lebih dari satu dosen merupakan nilai gabungan dari semua dosen yang digabungkan oleh dosen koordinatornya dan/atau diserahkan ke Bagian Akademik.

 

Nilai akhir merupakan gabungan nilai : tugas/kuis, ujian tengah semester dan ujian akhir.  Selanjutnya nilai akhir ditentukan dengan kriteria seperti diuraikan pada butir 1.

 

 

Evaluasi Keberhasilan

a)    Mahasiswa yang pada akhir semester pertama belum dapat mencapai IPK 2,75 untuk 8 SKS akan diberi peringatan, agar berusaha lebih giat dalam studinya untuk memperbaiki prestasi pada semester berikutnya.

b)    Mahasiswa yang pada akhir semester kedua belum dapat mencapai IPK 2,75 untuk 16 SKS terbaik maka mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan gagal dan tidak diperkenankan melanjutkan studinya pada Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara Universitas Mulawarman.

c)    Mata kuliah yang memperoleh nilai D wajib diulang dan nilai C dapat diulang dan dilaksanakan pada semester berikutnya.  Mata kuliah yang diulang hanya dapat dilakukan satu kali dan hasil nilai tertinggi ujian ulangan adalah B.

d)    Bagi mahasiswa yang telah menempuh minimum 24 SKS dengan IPK minimum 2,75 tanpa nilai D, maka yang bersangkutan dapat mengusulkan proposal penelitian.

e)    Proposal Penelitian harus disetujui oleh komisi pembimbing dan dipertahankan serta lulus di depan tim penguji proposal (terdiri dari komisi pembimbing ditambah tiga penguji yang telah ditetapkan Ketua Program Magsiter Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman.

f)     Mahasiswa yang lulus dalam seminar proposal penelitian dan apabila ada revisi sudah disetujui komisi pembimbing dan penguji, maka mahasiswa yang bersangkutan dapat melaksanakan penelitian lapangan (pengumpulan data).

 

Pelaksanaan Tesis

Tesis adalah tugas akhir mahasiswa Program Magister Ilmu Admnistrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman berupa karya tulis yang didasarkan atas hasil penelitian.  Tesis disusun dengan cara dan bentuk yang sesuai dengan peraturan yang ditetapkan, dan dibimbing oleh Komisi Pembimbing.  Bobot tesis adalah 6 SKS.  Penyusunan tesis terdiri dari beberapa tahapan, yaitu : (a) Pembuatan Proposal, (b) Penelitian, (c) Pembuatan Artikel Jurnal dan Tesis, (d) Seminar Hasil Penelitian, dan (e) Ujian Tesis.

 

1)    Pembuatan Proposal Penelitian

Proposal Penelitian adalah karya tulis mahasiswa yang berisi tentang rancangan kegiatan penelitian sebagai tugas akhir mengikuti studi pada Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman.  Proposal Penelitian ditulis sesuai dengan pedoman penulisan tesis (tanpa bab hasil dan kesimpulan) yang ditetapkan, antara lain berisi :

a)    Pendahuluan, yang berisi tentang latar belakang penelitian, adanya fenomena-fenomena tertentu yang perlu dicermati, kerangka pemikiran atau dalam membuat permasalahan yang diajukan, maksud dan tujuan penelitian;

b)    Tinjauan Kepustakaan, yang berisi tentang karya-karya tulis dar pihak lain (berasal dari jurnal, kumpulan artikel penelitian, laporan kemajuan penelitian dari lembaga, dan sebagainya) yang menjadi pendukung maupun kontra terhadap permasalahan yang diajukan, termasuk pendapat yang meragukan tentang sesuatu konsep/permasalahan yang akan diteliti, dan peneliti membuat kritisi dalam permasalahan tersebut sehingga dapat diajukan konsep baru atau sesuatu yang baru yang perlu dilakukan penelitian;

c)    Metode Penelitian, yang antara lain berisi tentang metode yang digunakan oleh peneliti untuk mendekati permasalahan, penetapan contoh, macam parameter yang digunakan, cara mengukurnya, metode analisisnya serta cara uji yang ditetapkan, alat dan program yang digunakan serta cara penyajian hasilnya.  Pada bab ini juga disajikan informasi tentang tempat dan waktu penelitian serta ciri-ciri lain yang dapat mendukung penyajian proposal penelitian, dan;

d)    Kepustakaan, yang berisi tentang daftar karya tulis dari pihak-pihak tertentu yang mempunyai relevansi kuat terhadap penelitian yang akan dilakukan.  Penulisan pustaka menurut abjad sebagaimana dicontohkan dalam tatacara penulisan kepustakaan dalam Buku Pedoman Penulisan Tesis.

Proposal penelitian ini dapat diajukan oleh mahasiswa yang telah menempuh perkuliahan minimum 24 sks dengan IPK ³ 2,75 serta tidak ada nilai D.

 

2)    Seminar Proposal Penelitian

Proposal penelitian yang telah disusun dikonsultasikan kepada komisi pembimbing untuk mendapat persetujuan dan setelah disetujui oleh komisi pembimbing dapat segera diajukan untuk seminar proposal penelitian setelah melengkapi persyaratan administrasi yang telah ditentukan.

 

Ketua Komisi Pembimbing mengusulkan kepada Ketua  Program berdasarkan usulan Sekretaris menetapkan dua orang dosen penguji tambahan di luar Komisi Pembimbing.

 

Seminar proposal penelitian dipimpin oleh Ketua Komisi Pembimbing, apabila Ketua Komisi Pembimbing tidak dapat hadir karena sesuatu dan lain hal, dapat melimpahkan tugasnya secara tertulis kepada Anggota Komisi.

 

Seminar proposal penelitian dilaksanakan selama ±  90 menit dengan materi ujian adalah proposal penelitian antara lain meliputi kerangka penelitian, metode penelitian, penggunaan kepustakaan serta kemampuan penyajian dan mempertahankan isi proposalnya.

 

Penilaian presentasi mahasiswa dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :

a)    Dilaksanakan oleh komisi pembimbing, dan tim penguji;

b)    Nilai ditetapkan atas dasar mutu naskah proposal penelitian, penguasaan materi dan cara presentasi;

c)    Nilai ditulis pada lembar Berita Acara Seminar Proposal Penelitian yang telah disediakan.

 

Nilai lulus untuk seminar proposal penelitian minimal 75.  Apabila kurang dari nilai tersebut, mahasiswa harus mengulang dan diberi kesempatan 2 kali ulangan.  Apabila mahasiswa tidak lulus lagi maka yang bersangkutan dinyatakan gagal dalam studi di Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman.

 

Proposal yang telah disetujui oleh Komisi Pembimbing dan telah lulus dipertahankan di depan Tim Penguji, disahkan/ditanda tangani oleh Ketua Program.  Selanjutnya mahasiswa yang bersangkutan dapat melaksanakan penelitian.

 

3)    Penelitian

Penelitian adalah kegiatan akademik mahasiswa yang merupakan aktivitas studi berupa survei atau percobaan yang akan digunakan untuk penulisan tesis.  Penelitian segera dilaksanakan oleh mahasiswa yang telah lulus dalam mempertahankan proposal penelitian di hadapan Tim Penguji.

 

Penelitian dapat dilaksanakan di daerah/wilayah yang dipilih (dapat di luar kota) sesuai dengan kepentingan penelitian tersebut dan disetujui oleh komisi pembimbing.  Sebelum melaksanakan penelitiannya, mahasiswa diwajibkan untuk menyelesaikan persyaratan administrasi di Bidang Akademik Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman.

 

Penelitian untuk penyusunan tesis dilaksanakan oleh mahasiswa sedapat mungkin sesuai dengan rencana penelitian dengan arahan komisi pembimbing, setelah perbaikan seminar proposal penelitian.

 

Mahasiswa yang telah menyelesaikan penelitian, secepatnya segera menyusun artikel jurnal dan naskah tesis.

 

4)    Seminar Hasil Penelitian

Seminar Hasil Penelitian adalah forum presentasi laporan hasil penelitian yang diselenggarakan oleh Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman bagi mahasiswa penyusun tesis untuk memperoleh masukan penyempurnaan penelitian dalam rangka penyusunan tesis.

 

Seminar merupakan forum evaluasi hasil penelitian untuk menetapkan nilai mahasiswa dalam mata kuliah tersebut.

 

Persiapan dan pelaksanaan seminar hasil penelitian diatur dengan prosedur dan tata cara yang sama dengan seminar proposal penelitian.

 

Hasil penelitian selanjutnya dipresentasikan dalam seminar hasil penelitian dengan dihadiri:

a.    Komisi pembimbing;

b.    Mahasiswa Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman minimal 10 (sepuluh) orang sebagai pembahas.

 

Mahasiswa yang telah melaksanakan seminar hasil penelitian berhak untuk mengikuti ujian tesis apabila tesis yang ditulis telah disetujui oleh komisi pembimbing.

 

5)    Ringkasan Tesis dan Tesis

Ringkasan tesis (Publikasi Ilmiah) dibuat terpisah dari tesis, memuat dengan lengkap tetapi singkat segenap materi tesis, yakni judul, nama penulis, pendahuluan, metode penelitian, hasil pembahasan, kesimpulan, saran dan daftar pustaka.

Publikasi Ilmiah disusun antara 10 hingga 20 halaman dibuat rangkap 2 (dua) dalam bentuk hardcopy dan data file sebanyak 1 (satu) buah dalam bentuk disket, diserahkan ke Bidang Akademik Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman.

 

Tesis adalah karya tulis mahasiswa didasarkan pada hasil penelitian yang telah dilaksanakan.  Naskah tesis ditulis berdasarkan acuan dalam buku Pedoman Penulisan Tesis Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman.  Naskah tesis digunakan untuk bahan ujian tesis.

 

6)    Ujian Tesis

Mahasiswa yang tesisnya disetujui oleh komisi pembimbingnya dan telah melaksanakan seminar hasil penelitian berhak mengikuti ujian tesis.

 

Ujian tesis dilaksanakan berdasarkan usulan Ketua Komisi Pembimbing kepada Ketua Program.  Ketua Program berdasarkan usulan Sekretaris menetapkan dua orang dosen penguji tambahan di luar Komisi Pembimbing.  Selanjutnya Sekretaris memproses penyelenggaraan ujian dan mengundang Tim Penguji disertai jadwal dan tempat ujian tesis.

 

Ujian Tesis dipimpin oleh Ketua Komisi Pembimbing.  Apabila Ketua Komisi Pembimbing tidak hadir karena sesuatu dan lain hal, dapat melimpahkan tugasnya secara tertulis kepada Anggota Komisi untuk memimpin ujian.

 

Ujian tesis dilaksanakan paling lama  120 menit dengan materi tesis antara lain meliputi kemampuan penguasaan materi tesis, kemampuan komprehensif dalam penyajian dan mempertahankan tesisnya.

 

Hasil ujian ditetapkan secara musyawarah sesuai dengan nilai yang diberikan penguji dan diumumkan langsung oleh Ketua Komisi Pembimbing kepada mahasiswa yang besangkutan.  Selanjutnya Yudisium akan dilaksanakan secara kolektif oleh Ketua Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman.

 

Penilaian tesis dibagi pada dasarnya dapat dikategorikan menjadi empat komponen dengan pembobotan nilai sebagai  berikut :

a)    Proposal  10 %

b)    Penelitian  20 %

c)    Penulisan Artikel Jurnal dan Seminar Hasil Penelitian 30 %

d)    Ujian Akhir Tesis 40 %

Butir-butir (i), (ii), dan (iii) diberikan oleh Komisi Pembimbing, dan butir (iv) oleh semua anggota tim penguji.

Nilai diberikan dengan sistem yang berlaku (A, B+, B, C, D dan E) Nilai akhir, merupakan rata-rata (sesuai dengan pembobotan) dari nilai-nilai yang disebutkan sebelumnya.

 

Nilai lulus untuk tesis minimum 2,75,  apabila kurang dari nilai tersebut, mahasiswa harus mengulang dan diberi kesempatan 1 kali ulangan.  Apabila mahasiswa tidak lulus lagi maka yang bersangkutan diberi tugas untuk perbaikan atau dinyatakan gagal dalam studi pada Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman.

 

Perbaikan tesis harus diselesaikan paling lambat satu bulan setelah ujian akhir.  Jika batas waktu perbaikan yang ditentukan habis dan perbaikan tesis belum selesai dan mahasiswa tidak dapat mempertanggungjawabkan alasannya kepada komisi pembimbing maka Ketua Komisi Pembimbing dapat mengusulkan agar mahasiswa yang bersangkutan menempuh ujian tesis lagi.

Mahasiswa yang mempertahankan tesis di depan penguji dan lulus serta telah melakukan revisi, kemudian menggandakan tesis tersebut sejumlah tertentu (untuk Komisi Pembimbing, Bidang Akademik, Universitas Mulawarman dan pihak lain yang memerlukan) kemudian disahkan dengan ditandatangani oleh komisi pembimbing dan Ketua Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman.

 

Syarat Kelulusan

Mahasiswa dinyatakan lulus dari pendidikan Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman, apabila :

a)    Sekurang-kurangnya telah menyelesaikan 39 SKS (termasuk tesis) dengan IPK    ³ 2,75 dan tidak terdapat nilai D.

b)    Mempunyai sertifikat kemampuan bahasa Inggris TOEFL atau setara TOEFL dengan nilai minimum 450, yang didapat dari Lembaga Bahasa Inggris yang diakui oleh Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman.

 

Predikat Kelulusan

Yudisium dilaksanakan setelah mahasiswa yang menyelesaikan persyaratan akademik dan administrasi.

 

Mahasiswa yang dinyatakan lulus menerima predikat kelulusan sebagai berikut :

a)    Lulus dengan predikat cumlaude : Apabila mahasiswa mempunyai IPK ³ 3,85 tanpa nilai C, lama studi maksimal dua tahun dan nilai ujian tesis A.

b)    Lulus dengan sangat memuaskan : Apabila mencapai IPK ³ 3,75, tetapi tidak memenuhi syarat 1; atau apabila IPK : 3,50 - 3,74 dengan lama studi maksimal tiga tahun.

c)    Lulus memuaskan : Apabila mencapai IPK ³ 2,75 atau tidak memenuhi syarat 2.

 

Batas Waktu Studi

Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman dirancang dalam kurun waktu 4 semester (2 tahun) dan maksimal 8 semester (4 tahun).  Bagi mahasiswa yang belum dapat menyelesaikan studi dalam 4 tahun tanpa alasan yang dapat dipertanggung jawabkan, maka mahasiswa tersebut dinyatakan gagal mengikuti program magister.  Lama studi tidak terhitung cuti akademik, dan setiap mahasiswa berhak cuti 2 (dua) semester dalam masa studinya.

 

Perencanaan Studi Mahasiswa Program Magister

Agar penyelesaian belajar tepat waktu (dua tahun) pada Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman, maka pelaksanaan kegiatan seminar proposal penelitian, seminar hasil penelitian dan ujian tesis perlu dijadwal sebagai berikut :

a)    Seminar proposal penelitian pada bulan 1 - 4 Semester IV.

b)    Penelitian tesis dimulai pada bulan 3 - 6 Semester IV.

c)    Seminar hasil penelitian, miniman 1 (satu) bulan setelah selesai penelitian.

d)    Ujian tesis dilaksanakan, minimal 1 (satu) bulan setelah selesai seminar hasil penelitian.

 

Kurikulum

 

1.    Konsentrasi Administrasi Pemerintahan Daerah  (APD)

 

SEMESTER

MATA KULIAH

KODE

MATA KULIAH

SKS

(1)

(2)

(3)

(4)

I

1.  Teori Administrasi Publik

101

3

2.  Teori dan Perilaku Organisasi

102

3

3.  Etika Birokrasi Dan Akuntabilitas Sektor Publik

103

3

4.  Filsafat Ilmu Dan Metodologi Penelitian

104

3

II

1.  Teori Pembangunan

201

3

2.  Komunikasi Publik

202

3

3.  Manajemen Sumber Daya Aparatur

203

3

4.  Perencanaan Pembangunan Daerah

204

3

III

1.  Manajemen Proyek Pembangunan

301

3

2.  Sistem Informasi Manajemen Sektor Publik

302

3

3.  Ekonomi Politik Sektor Publik

303

3

IV

TESIS

 

6

TOTAL SKS

39

 

 

 

2.    Konsentrasi Kebijakan Publik  (KP)

 

SEMESTER

MATA KULIAH

KODE

MATA KULIAH

SKS

(1)

(2)

(3)

(4)

I

1.  Teori Administrasi Publik

101

3

2.  Teori dan Perilaku Organisasi

102

3

3.  Etika Birokrasi Dan Akuntabilitas Sektor Publik

103

3

4.  Filsafat Ilmu Dan Metodologi Penelitian

104

3

II

1.  Formulasi Kebijakan Publik

205

3

2.  Implementasi Kebijakan Publik

206

3

3.  Evaluasi Kebijakan Publik

207

3

4.  Analisis Kebijakan Publik

208

3

III

1.  Sistem Informasi Manajemen Sektor Publik

302

3

2.  Ekonomi Politik Sektor Publik

303

3

3.  Pilihan Publik Dan Sosial

304

3

IV

TESIS

 

6

TOTAL SKS

39

 

 

3.    Konsentrasi Manajemen Pemerintahan Daerah  (MPD)

 

SEMESTER

MATA KULIAH

KODE

MATA KULIAH

SKS

(1)

(2)

(3)

(4)

I

1.  Teori Administrasi Publik

101

3

2.  Teori dan Perilaku Organisasi

102

3

3.  Etika Birokrasi Dan Akuntabilitas Sektor Publik

103

3

4.  Filsafat Ilmu Dan Metodologi Penelitian

104

3

II

1.  Reformasi Administrasi Negara

213

3

2.  Manajemen Pembangunan

214

3

3.  Proses Kebijakan Publik

215

3

4.  Manajemen Pelayanan Publik

216

3

III

1.  Ekonomi Politik Sektor Publik

303

3

2.  Politik Desentralisasi

309

3

3.  Manajemen Sumber Daya Aparatur

310

3

IV

TESIS

 

6

TOTAL SKS

39

 

 

4.    Konsentrasi Administrasi Pembangunan  (AP)

 

SEMESTER

MATA KULIAH

KODE

MATA KULIAH

SKS

(1)

(2)

(3)

(4)

I

1.  Teori Administrasi Publik

101

3

2.  Teori dan Perilaku Organisasi

102

3

3.  Etika Birokrasi Dan Akuntabilitas Sektor Publik

103

3

4.  Filsafat Ilmu Dan Metodologi Penelitian

104

3

II

1.  Teori Pembangunan

201

3

2.  Manajemen Sumber Daya Aparatur

203

3

3.  Perencanaan Pembangunan Daerah

204

3

4.  Reformasi Administrasi Negara

213

3

III

1.  Manajemen Proyek Pembangunan

301

3

2.  Issu Dan Kebijaksanaan Penanggulangan Kemiskinan

307

3

3.  Ilmu Perbandingan Administrasi Negara

308

3

IV

TESIS

 

6

TOTAL SKS

39

 

 

5.    Konsentrasi Administrasi Keuangan Daerah  (AKD)

 

SEMESTER

MATA KULIAH

KODE

MATA KULIAH

SKS

(1)

(2)

(3)

(4)

I

1.  Teori Administrasi Publik

101

3

2.  Teori dan Perilaku Organisasi

102

3

3.  Etika Birokrasi Dan Akuntabilitas Sektor Publik

103

3

4.  Filsafat Ilmu Dan Metodologi Penelitian

104

3

II

1.  Kebijakan Keuangan Daerah

209

3

2.  Administrasi Keuangan Daerah

210

3

3.  Manajemen Audit

211

3

4.  Akuntansi Publik

212

3

III

1.  Manajemen Proyek Pembangunan

301

3

2.  Sistem Informasi Manajemen Sektor Publik

302

3

3.  Ekonomi Politik Pembangunan

303

3

IV

TESIS

 

6

TOTAL SKS

39

 

Deskripsi Mata Kuliah

 

 

TEORI ADMINISTRASI PUBLIK

3 SKS

Perkuliahan ini bertujuan untuk mendiskusikan teori administrasi publik klasik dan modern.  Perkuliahannya ditekankan pada  birokrasi, perilaku administrasi, manajemen anggaran dan manajemen sumber daya aparatur.

 

 

TEORI DAN PERILAKU PENGEMBANGAN ORGANISASI

3 SKS

Mata kuliah ini membahas tentang "Organizational Behavior" yang meliputi pengaruh perilaku individu dan kelompok terhadap organisasi serta kepemimpinan.  Sedangkan mengenai pengembangan organisasi dibahas tentang Teori Organisasi yang meliputi struktur desain dan aplikasi.  Disamping itu dibahas juga tentang kultur organisasi.

 

 

ETIKA BIROKRASI & AKUNTABILITAS SEKTOR PUBLIK

3 SKS

Mata kuliah ini menekankan pembahasannya pada nilai moral yang berlaku dalam birokrasi dan proses birokrasi yang banyak dipengaruhi oleh nilai-nilai etika tertentu.  Pokok bahasannya menyangkut juga aspek filsafat yang menjadi induk etika dan aksiologi serta berbagai konsep-konsep birokrasi tradisional, feodal, kolonial, rasional dan modern dikaitkan dengan nilai-nilai moral yang ada di dalamnya.  Disamping itu juga membahas tentang pertanggungjawaban penyelenggaraan administrasi negara terhadap masyarakat.

 

 

FILSAFAT ILMU DAN METODOLOGI PENELITIAN

3 SKS

Mata kuliah ini akan membahas hakekat serta sifat ilmu sosial dalam kaitannya dengan kegiatan penelitian sosial.  Perkuliahan akan lebih menekankan pada "how to do research" dengan cara "learning by doing".  Materi perkuliahan meliputi topik-topik pengenalan berbagai tradisi penelitian yang berkembang dalam ilmu-ilmu sosial, penyusunan usulan penelitian baik beracu pada gugus pikiran paradigma positivistik (kuantitatif) maupun paradigma naturalistik (kualitatif).  Secara khusus perhatian akan diarahkan untuk membicarakan kecenderungan-kecenderungan mutakhir dalam penelitian sosial.  Model penelitian uji teori/hipotesis dan model penelitian membangun teori (theory construction research) dari data lapang menurut tradisi dan pendekatan ethnografis, fenomenologis, hermeneutik atau simbolik interaksionisme.

 

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya

Login


Username
Password

Register
Forgot Password

Statistik Situs

Visitors :21803 Org
Hits : 78338 hits
Month : 1040 Users
Today : 62 Users
Online : 2 Users

Arsip

LINK UNMUL